Pages


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

welcome

Sabtu, 09 Februari 2013

contoh tugas mencari tumbuhan apotek hidup SMA



TUGAS PENJASORKES
Disusun guna melengkapi tugas pejasorkes



Anggota Kelompok :
1.     Ayu p                 ()
2.   Dody h                       ()
3.   Herlina                       ()
4.   Nita                    ()
5.   Nugroho
6.   Reza
7.   Tyas l                 ()

Kelas XI IPA 2
SMA NEGERI 3 SRAGEN
Tahun Ajaran 2012/2013

1.                POHON PEPAYA

Pohon Pepaya ternyata mempunyai segudang manfaat, mulai dari akarnya, daunnya, buahnya maupun bunganya. Kali ini kami hanya akan membahas manfaat daun Pepaya.  Daun pepaya mengandung vitamin B1, vitamin A, kalori, lemak, protein, kalsium, fosfor dan banyak zat lainnya.  Di balik rasanya yang pahit, ternyata ada banyak manfaat yang dapat di ambil dari daun pepaya ini, yaitu :
1.     Daun pepaya dapat memperlancar proses pencernaan
Daun pepaya ini memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat tersebut dapat membantu dalam membunuh mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan.  Caranya dengan membuat jamu dari daun pepaya tersebut.
2.   Daun pepaya untuk menambah nafsu makan
Manfaat daun pepaya ini khususnya untuk anak – anak yang susah makan.  Caranya adalah dengan membuat daun pepaya menjadi jamu. Dengan di tambah dengan sedikit madu.


3.   Daun pepaya sebagai obat jerawat
Bagi anda yang mempunyai banyak jerawat ataupun yang belum berjerawat dan ingin tampil tampan / cantik dapat mengobatinya dengan membuat daun pepaya menjadi masker. Caranya ambil beberapa daun pepaya, kemudian di jemur sampai layu dan di haluskan dengan sedikit air. Kemudian bisa di buat maskeran.
4.   Daun pepaya sebagai obat keputihan
Dapat digunakan sebagai obat keputihan dengan menambahkan akar rumput ilalang dan adas pulosari lalu semuanya direbus dengan air hingga tinggal separuhnya. Setelah disaring dan harus diminum satu kali sehari secara rutin.
5.    Daun pepaya sebagai obat demam berdarah
Daun pepaya juga dapat mengobati penyakit yang di timbulkan oleh hewan nyamuk ini. Memulihkan orang yang terkena demam berdarah dengan cara merebus lima lembar daun pepaya dengan 600 ml air hingga tinggal 200 ml saja. Tambahkan sedikit garam dan madu dua sendok. Diminum tiga kali sehari saat masih hangat dan harus diminum secara teratur.
6.   Daun pepaya untuk menstabilkan tekanan darah
Daun pepaya juga sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena daun pepaya memiliki fungsi sebagai pengontrol tekanan darah. Caranya cukup mudah, tinggal siapkan 5 lembar daun pepaya kemudian direbus atau dimasak dengan air setengah liter. Masak sampai airnya menyisakan 3/4. Biarkan sampai dingin kemudian diminum. Boleh mencampurnya dengan madu sebagai pelengkap atau pemanis.







2.                JAMBU BIJI
Jambu biji merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan gizi. Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki nama ilmiah psidium guajava. Jambu biji memiliki rasa yang manis, aroma menggoda dan menyegarkan membuat buah ini banyak disukai oleh kita terutama jambu merah biji.
Jambu biji merah memiliki banyak banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan Vit C, A, B kompleks, serat dan banyak mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut, manfaat jambu biji untuk kesehatan:

1.Pencegah Kanker

 Jambu biji rendah  akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.




2.
Memperlancar pencernaan

 Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

3.
Sebagai Antioksidan

 Jambu biji adalah sumber antioksidan dan vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.

4.
Obat Disentri/Diare

Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri    yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

           5.Merangsang Fungsi Otak

 Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.












3.                KEMANGI



Kemangi (Ocimum sanctum) memang bukan tanaman yang asing bagi kita, karena selain mudah dijumpai di halaman rumah, kebun atau ladang, kadang banyak juga ditemukan di pinggiran jalan.Sampai saat ini, mungkin kita hanya tahu bahwa kemangi hanya digunakan sebagai lalapan segar, ditambahkan pada masakan-masakan ikan, ayam atau digunakan pula sebagai obat tradisional
Kemangi dan tanaman sejenisnya yaitu selasih atau basil (Ocimum basilicum) memiliki sejarah yang menarik, tanaman jenis ini pernah menjadi tanaman kerajaan di Prancis dan Italia. Bunga dari tanaman ini dipilih untuk menyatakan cinta, sedangkan di India tanaman ini merupakan salah satu tanaman disucikan yang digunakan untuk upacara-upacara keagamaan.
Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman in sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.
Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain.
Manfaat Kemangi:
1.  Mengndung Betakaroten, magnesium dan mineraluntuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
2.   Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain sebagai penambah nafsu makan aroma daun kemangi juga sebagai obat nyamuk..
3.  Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah.
4.   Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.
5.  Daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, hingga penyakit ginjal.
6.  Daun kemangi juga dipercaya untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.










4.                MAHONI
Manfaat BIJ

Tumbuhan yang memiliki buah yang khas dengan rasanya yang pahit ini memang paling terkenal biji mahoni adalah untuk pengobatan malaria, ternyata dari berbagai penelitian dapat dipakai juga untuk pengobatan kencing manis. Biji mahoni tersebut dapat dipakai secara tunggal.artinya tunggal tidak harus merupakan bagian dari suatu ramuan.




Manfaat lain biji mahoni:
Amat mudah untuk membuat biji mahoni menjadi obat kencing manis. Yakni cukup
menyeduh bijinya yang sudah dilembutkan sebanyak setengah sendok teh dengan air
panas matang sebanyak setengah gelas. Minumlah seduhan ini 3 menit sebelum
makan. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.
Kalau dibuat racikan. Sbb:
BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Ø Biji, dikeringkan lalu digiling halus menjadi serbuk.
*    KEGUNAAN:
*    Tekanan darah tinggi (Hipertensi).
*     Kencing manis (Diabetes mellitus).
*    Kurang napsu makan.
*    Rematik.
*    Demam.
*    Masuk angin
*    Ekzema.(Penyakit kulit yang mengakibatkan radang).

5.                SERAI
 
Serai atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Andropogon nardus ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan manusia.
Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, Serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik.
Selain itu, kandungan analgesik dalam Serai juga dapat berperan untuk membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot maupun nyeri sendi. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dan juga meredakan bau badan.Dalam Serai, ada banyak kandungan senyawa seperti geranil butirat, lomonen, eugenol, metileugenol, geranial yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, terkait fungsi Serai yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, berikut merupakan penjabarannya.
·     Serai mencegah penyakit kanker
Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.
·     Mengobati gangguan pencernaan
Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan juga diare.
·     Menurunkan tekanan darah
Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.
·     Detoksifikasi
Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.
·     Manfaat pada sistem saraf
Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.
·     Berfungsi sebagai analgesik
Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang Anda derita yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lainnya.
·     Memperindah kulit
Penggunaan daun Serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.
·     Kesehatan wanita
Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual.

6.                CABAI
Cabai adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga tanaman Solanaceae. Tanaman yang berbuah pedas ini digunakan secara luas sebagai bumbu masakan di seluruh dunia. Spesies tanaman cabai yang paling sering digunakan meliputi Capsicum annum, Capsicum frutescens,Capsicum chinense, Capsicum pubescens, dan Capsicum baccatum.
Cabai mengandung senyawa kimia yang dinamakan capsaicin (8-methyl-N-vanillyl-6-nonenamide). Selain itu, terkandung juga berbagai senyawa yang mirip dengan capsaicin, yang dinamakan capsaicinoids.
Apabila cabai dimakan, senyawa-senyawa capsaicinoids berikatan dengan reseptor nyeri di mulut dan kerongkongan sehingga menyaebabkan rasa pedas. Kemudian reseptor ini akan mengirimkan sinyal ke otak yang mengatakan sesuatu yang pedas telah dimakan. Otak merespon sinyal ini dengan meningkatakan denyut  jantung,  meningkatkan pengeluaran keringat, dan melepaskan hormone endorphin. Cabai merah mengandung jumlah vitamin C yang besar, juga mengandung karoten(pro vitamin A).
Kandungan kedua zat ini tidak terlampau tinggi pada cabai yang berwarna kuning dan hijau.
            Cabai juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah:
*     Capsaicin mamapu memunuh sel kanker (percobaan pada tikus di laboratorium)
*    Dapat menurunkan berat badan bagi orang yang obesitas
*    Mengurangi resiko kardiovaskuler
*    Sebagai pengendali pertumbuhan mikroba pada makanan
*    Benerapa penelitian mengatakan capsaicin pada cabai memiliki manfaat perlindungan anti ulcer pada lambung yang terinfeksi bakteri H.pylori

























7.                LIDAH BUAYA

 


Manfaat Lidah Buaya memang sangat beraneka ragam. Lidah buaya ternyata tidak hanya dimanfaatkan untuk kecantikan, ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk kesehatan. Lidah buaya biasanya memang digunakan untuk perawatan rambut. Dengan menggunakan lidah buaya, rambut bisa menjadi lebih hitam dan lebat berkilau.
Tanaman lidah buaya dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Namun seiring dengan banyaknya permintaan pasar, kini tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.  
Tidak hanya untuk obat tradisional saja, kini lidah buaya juga dimanfaatkan dalam pembuatan bahan baku farmasi dan kosmetika. Seiring perkembangan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, maka semakin canggih pula pengolahan tanaman ini untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.




   MANFAAT LIDAH BUAYA

Tanaman lidah buaya juga bisa dibuat jus yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Karena merupakan bahan alami, maka tanaman ini aman untuk dikonsumsi. Selain itu, lidah buaya juga banyak mengandung nutrisi yang sarat mineral, asam amino dan vitamin seperti vitamin B kompleks, C, A. Mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga cukup tinggi seperti magnesium, selenium dan zinc. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

·         Untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Caranya, ambil 1 helai daun lidah buaya kemudian cuci dan kupas. Ambil isinya kemudian potong-potong atau diblender. Lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni. Dapat diminum 3 kali dalam sehari.

·         Untuk mengobati penyakit ambeien. Caranya, ambil setengah batang daun lidah buaya yang sudah dibersihkan dengan membuang durinya, kemudian cuci, lalu diparut. Tambahkan setengah gelas air panas, kemudian peras. Masukkan 2 sendok makan madu murni. Anda dapat meminumnya tiga kali sehari dalam keadaan hangat.

·         Untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Caranya ambil 2 batang daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dibuang durinya. Kemudian potong-potong untuk direbus dengan 3 gelas air, setelah itu, saring dan minum hasil saringan tersebut setelah makan, tiga kali dalam sehari. Diminum dengan dosis setengah gelas setiap kali minum.

·         Untuk mengobati sembelit. Caranya, ambil setengah batang daun lidah buaya, cuci bersih dan kupas. Setelah dikupas, potong isinya kecil-kecil. Seduh dengan setengah gelas air. Beri 1 sendok makan madu murni. Makan saat masih terasa hangat dua kali dalam sehari. 

·         Untuk menurunkan kadar gula darah. Caranya, ambil satu pelepah lidah buaya ukuran besar kurang lebih seukuran telapak tangan. Kemudian bersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam kurang lebih selama 30 menit dalam air garam. Kemudian remas sebentar, lalu bilas di bawah air yang mengalir misalnya air kran. Setelah dibilas, rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Setelah itu dinginkan dan minum sebanyak setengah gelas, dua atau tiga kali dalam sehari.


·         Untuk Penyubur rambut. Caranya, amnbil 2 pelepah lidah buaya kemudian cuci dan kupas sampai bersih. gosokkan isinya pada kulit kepala. Sebelum digosok menggunakan isi lidah buaya tersebut, sebaiknya keramasi rambut terlebih dahulu pada sore hari. Setelah digosokkan pada kulit rambut kemudian bungkus dengan kain. Bilas pada keesokan harinya. Anda dapat melakukannya setiap hari selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.





























8.                JERUK NIPIS
Air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu. 

Sebagai herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal. 

Hj. Sarah Kriswanti, herbalis yang tinggal di Bandung, dan Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia), memberikan tip bagaimana memanfaatkan jeruk nipis sebagai herbal yang membantu penyembuhan penyakit.

 1. Ambeien

Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

2. Amandel

Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan

Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

4.  Batuk

Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok
 makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

5. Batuk disertai Influenza

Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.




6. Bau Badan

Cara 1:
Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.
Cara 2:
Beberapa helai (10) daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal

Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

8. Difteri
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam atau Flu

Cara 1: 
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara 2: 
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

10.  Haid Tidak Teratur

Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

11.  Sehabis Melahirkan

Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

 12. Jerawat

Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah.

13. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe

Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

14. Melebatkan Rambut 

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

15. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

16. Vertigo 

Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

17. Radang Tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari. 



18. Lendir di Tenggorokan 

Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong. 

19. Kurap atau Panu

Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

20. Demam/Panas Saat Malaria

Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

21. Terkilir 

Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari. 

22. Pegal Linu

Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. 


23. Sakit Gigi 

Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari. 

24. Melangsingkan Badan

Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari. 

25. Menambah Stamina

Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu. 

26.  Tekanan Darah Tinggi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.













9.               
SRIKAYA
Buah srikaya selain rasanya yang manis ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Manfaat buah srikaya untuk kesehatan telah dimanfaatkan semenjak dahulu. Kandungan yang terdapat dalam srikaya ini dapat dijadikan obat kulit, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Srikaya merupakan pohon yang berasal dari Hindia Barat yang akan berbuah setelah berumur sekitar 4 tahun. Srikaya termasuk tanaman perdu yang mudah kita jumpai di pekarangan dan bahkan banyak yang tumbuh secara liar. Daging buah srikaya berwarna putih dan memiliki rasa yang manis, sedangkan biji yang telah masak berwarna hitam.

Bagian tanaman srikaya yang dapat digunakan sebagai obat yaitu buah, daun, akar, kulit kayu, dan bijinya. Akar srikaya berkhasiat untuk antiradang, antidepresi. Manfaat daun srikaya yaitu astringen, antiradang, peluruh cacing usus, serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji srikaya berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga.
Walaupun buah srikaya ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun penggunaannya harus dibawah herbalis berpengalaman. Karena beberapa bagian dari pohon srikaya ini beracun, seperti rebusan biji, kulit dan akar pohonnya. Bahkan untuk ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya, karena bisa berbahaya untuk kesehatan ibu dan janinnya.

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Buah srikaya mempunyai ciri bentuk bergelembung dengan warna hijau saat masih muda. Rasanya manis dan menyegarkan untuk dikonsumsi. Buah srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain rasa buahnya yang manis, hampir semua bagian dari pohon srikaya (termasuk buah, daun, akar, kulit kayu dan bijinya) bisa bermanfaat untuk kesehatan.
o   Buah srikaya yang masih muda banyak mengandung tanin dan berkhasiat untuk mengatasi diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).

    • Daun srikaya rasanya pahit, kelat dan sifatnya sedikit dingin. Daun srikaya brkhasiat untuk mengobati astringen, antiradang, peluruh cacing usus (antheimintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses.

    • Daun srikaya juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema.

    • Akar pohon srikaya mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene, alkaloid anonain, saponin, tanin, dan polifenol. Rasa akar pohon srikaya pahit dan sifatnya dingin. Akar pohon srikaya berkhasiat sebagai antiradang, antidepresi. Biasanya digunakan untuk mengatasi sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung.


    • Kulit kayu srikaya berkhasiat untuk astringen dan tonikum, bisa juga digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah. Kulit kayu pohon srikaya mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene, dan alkaloid anonain.

    • Biji buah srikaya berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kandungan yang terdapat dalam biji antara lain minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan.
Srikaya terkenal dengan kandungan gula alami, oleh karena itu buah srikaya ini bisa dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup Anda, apalagi untuk yang sedang diet.










10.           MENGKUDU
Mengkudu atau Morinda Citrifolia merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia. Manfaat mengkudu ini sangat banyak sekali terutama bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia, mengkudu sering dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, tumor dan jenis penyakit lainnya. Buah mengkudu ini berbentuk lonjong, berwarna hijau dan terdapat bintik – bintik kecil berwarna coklat di seluruh bagian kulitnya. Untuk pohonnya sendiri bervariatif, mulai dari 4 sampai 8 meter tingginya. Nah apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah mengkudu ini, silahkan baca lebih lanjut penjelasannya di bawah.

Khasiat Mengkudu Untuk Kesehatan

Buah mengkudu memiliki rasa dan bau yang kurang enak, namun manfaat dari buah mengkudu lebih besar pengaruhnya dan karena itulah kebanyakan dari orang yang mengkonsumsinya diolah menjadi sebuah jus segar dan nikmat.



Manfaat Mengkudu :
1.     Mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita karena kaya akan anitoksidan alami.
2.     Membantu mencegah akan menyebarnya sel – sel kanker.
3.     Mampu mencegah tumor.
4.     Membantu mengobati sakit perut, batuk dan juga demam.
5.     Sebagai obat pereda rasa nyeri.
6.     Merupakan salah satu zat anti bakteri.
7.     Membantu menormalkan tekanan darah.
8.     Sebagai zat anti peradangan dan anti alergi.
9.     Membantu mengatur fungsi sel – sel dalam tubuh.
10.                        Membantu regenerasi sel – sel jaringan tubuh yang rusak.

Itulah beberapa manfaat dari buah mengkudu yang bisa kita dapatkan. Di balik bentuknya yang jelek dan kurang bagus terdapat berjuta manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.













11.                        LENGKUAS



Lengkuas merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan bumbu masakan sehari - hari.Alponna Galanga atau yang biasa disebut lengkuas ini bentuknya hampir sama dengan kunyit ataupun jahe dan untuk membedakannya adalah dengan mencium baunya. Lengkuas ini masih tergolong jenis umbi – umbian yang biasa kita jumpai di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Namun lengkuas ini bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ataupun sebagai penyedap sebuah masakan, melainkan lengkuas memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat lengkuas yang bisa kita dapatkan, dan berikut adalah beberapa diantaranya :
1.     Sebagai bahan pengobatan arthritis dan rheumatoid arthritis.
2.     Meneymbuhkan bisul dan meredakan sakit perut.
3.     Kaya akan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh.
4.     Memperlancar aliran darah.
5.     Meredakan diare.
6.     Menyembuhkan rematik.
7.     Menyembuhkan sakit limpa.
8.     Dapat menambah nafsu makan kita.
Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi lengkuas. Ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi lengkuas. Lengkuas bisa dikonsumsi secara langsung maupun dicampur sebagai bahan penyedap masakan.

Khasiat Lengkuas

Banyak juga manfaat lengkuas yang bisa kita dapatkan seperti yang sudah disebutkan di atas. Untuk itu mengkonsumsi lengkuas ini juga disarankan jika anda memiliki masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Konsumsi bisa mengunyahnya secara langsung, seperti jika anda mabuk saat berasa di kapal, anda bisa mengunyah lengkuas ini untuk menghilangkan rasa mual. Selain itu, bisa juga di konsumsi dalam bentuk jus ataupun dicampurkan ke dalamn sebuah masakan kita sehari – hari.

12.                       KUNYIT
Kunyit mrupakan rempah-rempah yang banyak terdapat di Indonesia. Kunyit mudah kita emi di lingkungan sekitar kita. Kunyit memiliki kandungan yang paling dominan yaitu senyawa-senyawa yang berkhasiat obat $2C yang biasa di sebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin (1-5%)dan zat-zat lain seperti minyak atsiri sebesar 60%, zingeberen 25%, dan lainnya, felandrin, sabinen, borneol, dan sineil. Selain itu, kunyit juga mengandung lemak 1-3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral seperti zat besi, fosfor dan upkalsium.
Manfaat kunyit:
*    Obat Dibetes Militus
3 rimpang kunyit dicampur dengan ½ sendok teh garam, rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, saring, diminum 2x seminggu ½ gelas.
*    Obat Tifus
Cara 1:
2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto, diperas, ambil sarinya dan tambahkan 1 gelas air hangat lalu saring.
Cara 2:
1 rimpang kunyit parut, peras, air perasan di tambah dengan madu. Diminum secara teratur 2x sehari selama seminggu.
*    Obat Penyakit Disentri
1-2 rimpang kunyit, gambir, dan kapur sirih secukupnya rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas.
*    Mengurangi nyeri haid
1 rimpang kunyit (4cm), 1 rimpang jahe, ½ rimpang kencur, parut semua bahan peras lalu tambahkan ½ gelas air perasan jeruk nipis, seduh dengan ½ gelas air panas. Minum pada hari pertama datang bulan.
*    Cangkrang (waterproken)
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada cangkrang.
*    Obat mencret (diare)
3 potong (5cm) kunyit , parut, peras, tambahkan garam secukupnya, seduh dengan segelas air panas. Minum 3x sehari.
*    Sebagai lulur kecantikan
1 rimpang kunyit, parut, balurkan pada kulit tubuh.



13.                        Tanaman penicillin

Tanaman penicillin atau biasa disebut dengan tentir ini biasa digunakan sebagai obat antiseptik tradisional. Tanaman yang memiliki daun menjari ini biasa digunakan sebagai obat luka, tanaman ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Getah tanaman inilah yang digunakan sebagai obat luka.
Cara penggunaan:
·       Petik tangkai tanaman penicillin, kemudian getahnya yang keluar dari ujung tangkai oleskan pada luka. Walau sedikit perih setelah dioleskan, biasanya luka akan sedikit  merekat, karena getah penicillin tersebut.

0 komentar:

headline NEWS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

sersever

semoga bermanfaat